Wednesday, November 26, 2014

Perkembangan Microsoft Word dari versi 1.0 hingga versi 2013

       Microsoft Word adalah sebuah program pengolah kata yang dibuat oleh Microsoft Corporation. Micrisoft word biasanya digunakan untuk membuat surat, artikel, brosur, booklet dan kegiatan lainnya yang berhungan dengan tulis menulis atau pengolahan kata. Microsoft word juga dapat digunakan untuk membuat suatu tulisan-tulisan yang menggunakan rumus-rumus matematika, fisika maupun kimia. Microsoft Word sudah mengeluarkan beberapa versi, diantaranya adalah versi 1.0  versi 2.0.sampai versi 6.0. untuk versi DOS. Setelah mengeluarkan beberapa versi mulai dari varsi 1.0 sampai versi 6.0 untuk DOS, Microsoft Coorporation kembali mengeluarkan versi - versi lainnya, yaitu Microsoft Word ’95, Microsoft Word ’97, Microsoft Word  2000, Microsoft Word 2002, Microsoft Word  2003, dan Microsoft Word 2007.

        Konsep dan ide dari pembuatan ms. word kebanyakan didapat dari Bravos, yaitu program pengolah kata berbasis GUI / grafik pertama yang dikembangkan di Xerox Palo Alto Research Center (PARC). Pembuat aplikasi Bravo, yaitu Charles Simonyi, beralih dari Xerox PARC dan pindah ke Microsoft pada tahun 1981. Charles Simonyi juga merekrut Richard Brodie yang juga berasal dari Palo Alto Research Center (PARC). Pada tanggal 1 Februari 1983, pengembangan Multi-Tool untuk ms.word dimulai. Setelah memberi nama baru untuk aplikasinya mejadi Microsoft Word, Microsoft corporation menerbitkan program ini pada tanggal 25 Oktober 1983 untuk IBM PC. Dimana saat itu  WordPerfect dan juga WordStar sedang merajai dunia pengolahan kata.

       Microsoft word memiliki konsep atau slogan WHAT YOU SEE IS WHAT YOU GET, atau disingkat WYSIWYG, dan ms.word merupakan program pertama yang dapat menampilkan tulisan bercetak tebal dan bercetak miring pada IBM PC. Microsoft word juga banyak menggunakan mouse yang saat itu tidak lazim sehingga mereka menawarkan paket Word-with-Mouse. Setelah beberapa tahun, Microsoft Corporation kembali mengeluarkan Microsoft word versi yang lebih baru lagi dan dengan fitur yang lebih banyak dari versi - versi sebelumnya, yaitu word 2010 dan word 2013.

       Berikut ini beberapa tampilan word mulai versi 1.0 hingga word 2013 :

1) Word versi 1.0 



2) Word versi 2.0


3) Word versi 6.0


4) Word '95


5) Word '97



6) Word 2003


7) Word 2007



8) Word 2010

9) Word 2013



        Itulah tampilan microsoft word dari versi 1.0 hingga versi 2013 yang salah satu versinya pasti sudah pernah anda gunakan dan mungkin salah satunya menjadi favorit anda. jika diperhatikan dari segi tampilannya, microsoft word memiliki tampilan yang selalu menyesuaikan dengan tampilan Operating System windows yang waktu dikeluarkannya berdekatan dengan versi microsoft word yang dikeluarkan pada waktu tersebut. Sebagai Contoh, tampilan Word 97 dan 95 yang mempunyai tampilan dengan taskbar silver yang sama dengan warna dominan taskbar dan menu di windows 97 hingga windows 2000 yang juga dominan berwarna silver.Sedangkan untuk versi 2003, tampilannya lebih menyesuaikan dengan tampilan windows XP dengan taskbar yang berwarna biru, dan untuk versi 2007 dan 2010 dengan tampilan “Aero” khas windows 7 dan yang paling baru adalah Microsoft word 2013 yang terlihat tampilan Bergaya “Metro”  yang menjadi tampilan khas Windows 8.



   Microsoft Corporation tentu tidak akan berhenti sampai disitu saja dalam mengembangkan program pengolah kata ini beserta program-program lainnya yang sudah menjadi satu paket dalam microsoft office yang sudah menjadi produk andalan dan kebanggaan mereka. Seiring dengan bertambahnya waktu bukan tidak mungkin untuk mereka mengeluarkan produk baru yang memiliki lebih banyak fitur yang akan lebih mempermudah penggunanya dan sekaligus menjadi daya tarik orang lain agar terus menggunakan produk mereka.
        Produk Microsoft yang satu ini sebenarnya adalah aplikasi yang berbayar untuk membeli lisensinya, dan harganya pun cukup mahal. Namun kita patut bersyukur hidup di Indonesia, karena di Indonesia produk microsoft yang satu ini bisa kita dapatkan secara gratis alias sudah dibajak. Hanya dengan mendownload di internet atau modal minta temen kita sudah bisa menikmati fasilitas dari produk microsoft ini. Tapi, yang namanya membajak tetap tidak baik, kalau memang anda punya uang lebih tidak ada salahnya membeli yang asli (padahal saya juga masih pake yang hasil crack alias sudah dibajak). ^^
         Sekian postingan saya kali ini, mohon maaf apabila ada kata-kata yang mungkin salah ketik atau mungkin bahasa saya yang sulit untuk dipahami. sampai jumpa dipostingan saya berikutnya.











Source :

  • http://dinalestari97.blogspot.com/2013/03/sejarah-perkembangan-microsoft-word.html

  • https://ameliadwilestari15.wordpress.com/2014/05/08/perkembangan-microsoft-word-dari-masa-ke-masa/

Share this

2 Responses to "Perkembangan Microsoft Word dari versi 1.0 hingga versi 2013"

  1. paing suka yg terbaru, yampilannya nagus bgt solder infrared

    ReplyDelete
  2. Perkembangan Microsoft Word Dari Versi 1.0 Hingga Versi 2013 - Meganeko'S Blog >>>>> Download Now

    >>>>> Download Full

    Perkembangan Microsoft Word Dari Versi 1.0 Hingga Versi 2013 - Meganeko'S Blog >>>>> Download LINK

    >>>>> Download Now

    Perkembangan Microsoft Word Dari Versi 1.0 Hingga Versi 2013 - Meganeko'S Blog >>>>> Download Full

    >>>>> Download LINK

    ReplyDelete