Sunday, October 4, 2015

Perkembangan Sistem Operasi Mobile Hingga Sekarang

Perkembangan teknologi yang cepat juga berpengaruh pada perkembangan sistem operasi, tidak hanya sistem operasi pada komputer, tapi juga pada sistem operasi perangkat mobile. Sama seperti pada komputer, pada perangkat mobile seperti telepon gengam alias handphone sistem operasi diperlukan untuk dapat melakukan manajemen dan mengontrol hardware dan software secara langsung agar berbagai fungsi, fitur dan aplikasi - aplikasi yang ada dapat bekerja. Sistem operasi juga mengontrol agar semua aplikasi dapat berjalan dengan stabil dan juga konsisten.
Sampai saat ini ada banyak sistem operasi mobile, diantaranya java, windows, Symbian, IOS, WebOS, Blackberry, Palm OS, Maemo, hingga Android. Salah satu ke untungan dari ponsel yang memiliki sistem operasi adalah memungkinkan penggunanya untuk bebas mendownload berbagai aplikasi tambahan yang disediakan oleh developer – developer aplikasi. 

Sistem operasi mobile sudah lama ada sekitar 20 tahun yang lalu. Dengan adanya sistem operasi mobile, handphone yang tadinya hanya bisa digunakan untuk mengirim pesan, menerima dan melakukan panggilan telepon, sekarang sudah bisa melakukan banyak hal layaknya komputer desktop yang sekarang kita kenal dengan istilah smartphone.

Smartphone pertama dirilis pada tahun 1993 dengan nama ”IBM Simon”, memiliki fitur touch screen (layar sentuh), email dan juga PDA. Tiga tahun setelahnya, yaitu pada tahun 1996 Palm Pilot 1000 memperkenalkan PDA (Personal Digital Assistant ) dengan sistem operasi Palm OS. Di tahun yang sama juga, untuk pertama kalinya diperkenalkan PC Handled dengan sistem operasi Windows CE.

Pada tahun 2000, Ericsson R380 mengeluarkan smartphone dengan sistem operasi mobile modern yang pertama, Symbian. Selang setahun setelahnya, di tahun 2001 The Kyocera 6035 mengenalkan smartphone yang menggunakan Palm OS. Pada tahun 2002, muncul smartphone dengan sistem Windows CE yang di cetuskan oleh Microsoft, begitu juga dengan Blackberry yang saat itu juga meluncurkan smartphone pertamanya.

Kemudian pada tahun 2005, Nokia memperkenalkan Maemo OS pada tablet yang bisa terkoneksi internet pertama, yaitu nokia N770. Dua tahun setelahnya muncul lah iPhone dengan iOS dari perusahaan Apple.

Dan akhirnya pada tahun 2008, OHA yang dibentuk oleh google merilis sistem operasi android pertama, yaitu Android 1.0 dengan HTC Dream (T-Mobile G1) sebagai ponsel android pertama.


Penjelasan di atas mungkin masih kurang jelas, untuk itu saya akan coba menjelaskannya per-sistem operasinya :

#Perkembangan sistem operasi Symbian
Symbian merupakan sistem operasi mobile yang dikembangkan oleh Symbian Ltd yang merupakan keperusahaan independen  hasil dari kolaborasi beberapa vendor  besar saat itu, seperti Ericsson, Nokia, Motorola dan Psion.

Beberapa keunggulan sistem operasi Symbian adalah : 

#1 Berbeda dengan Microsoft dan Linux yang merupakan adopsi dari sistem operasi komputer, sistem operasi Symbian sejak awal memang dirancang untuk khusus hanya untuk ponsel.

#2 Merupakan sistem operasi yang terbuka yang memudahkan siapapun untuk mengembangkannya. Dengan adanya fitur CC+, Java (J2ME) MIDP 2.0, PersonalJava 1.1.1a dan juga WAP sekarang banyak aplikasi – aplikasi tambahan yang beredar untuk sistem operasi sysmbian ataupun platform Java.

#3 Sistem operasi Symbian menyediakan suatu User Interface (UI) framework yang fleksibel, sehingga para vendor bisa memvariasikan produknya. Empat jenis UI yang saat ini beredar, yaitu :

•    Series 60 (Nokia N70, N91; Siemens SX1; Samsung D700, D710; Panasonic X700, X800)
•    Series 80 (Nokia N9210, 9210i, 9300)
•    Series 90 (Nokia 7700, 7710)
•    UIQ (Sony Ericsson P800, P900, P910; Motorola A920, A925, A1000, A1010)


#Perkembangan Palm OS
Palm OS juga dikenal sebagai Garnet OS, sistem operasi mobile ini awalnya dikembangkan oleh Palm Inc, untuk PDA di tahun 1996. Palm OS dirancang untuk memudahkan pengguna dengan menggunakan UI yang berbasis grafis dan touchscreen. Kemudian Palm OS juga dikembangkan untuk mendukung Smartphone. 

Alasan kenapa Palm OS juga di kenal sebagai Garnet OS karena lisensi dari Palm OS dibeli oleh perusahaan ACCESS, yang kemudian diberi nama Garnet OS. Pada tahun 2007 penerus Garnet OS diluncurkan, yaitu Access Linux Platform dan pada tahun 2009 Palm Inc beralih dari Palm OS menjadi WebOS.


#Perkembangan sistem operasi Blackberry
Reserch in Motion (RIM) merupakan perusahaan telekomunikasi dari Canada yang mengembangkan perangkat komunikasi bergerak. Produk awal yang dihasilkan oleh perusahaan ini memproduksi dan memberikan layanan pager dua arah, kemudian perusahaan ini membuat suatu terobosan baru dengan membuat perangkat Blackberry yang terkenal dengan layanan push-mail. Saar ini Blackberry telah berkembang menjadi smartphone yang memiliki bermacam-macam fungsi seperti GPS, internet mobile dan juga akses Wi-Fi.

#Perkembangan sistem operasi Windows Mobile
Microsoft membuat dan mengembangkan Windows Phone yang merupakan adaptasi dari sistem operasi Windows 8 dengan konsep yang lebih baru, sebelumnya disebut dengan Metro UI kemudian menjadi Simply Modern. Yang menjadi ciri khas dari Windows Phone ini adalah live tiles atau icon kotak – kotak pada home yang membuat tampilannya terkesan simple dan dinamis.

#Perkembangan sistem operasi mobile Linux
Ponsel Linux yang pertama diluncurkan oleh Motorola, dengan seri A760 pada Februari tahun 2003 China. Ponsel Linux pertama yang diluncurkan oleh Motorola ini menggunakan kombinasi OS dari kernel Linux yang di distribusikan dengan software Silicon Valley-based Monta Vista dan bahasa pemrograman Java Sun Microsistem.

#Perkembangan sistem operasi Android
Sistem operasi mobile yang paling popular di dunia ini di awali oleh empat orang, yaitu Andy Rubin, Rich Miner, Nich Sears dan Chris While yang mendirikan Android Incorporation di Palo Alto, pada bulan Oktober 2003. Kemudian pada Agustus 2005, Google mengakuisisi Android Incorporation yang didirikan oleh Andy Rubin, Rich Miner, Nich Sears dan Chris While.

Pada tanggal 5 November 2007, beberapa perusahaan besar membentuk aliansi yang bernama Open Handsel Ailliance yang bertujuan untuk melahirkan suatu standar terbuka untuk perangkat mobile. Perusahaan – perusahan besar tersebut di antaranya adalah Broadcom Corporation, Google, HTC, Intel, LG, Marvell Technology Group, Motorola, Nvidia, Qualcomm, T-mobile dan Texas Instruments.

Ponsel pertama yang menggunakan sistem operasi Android adalah HTC Dream (G1), dirilis pada tanggal 22 Oktober 2008. Saat itu versi Android yang digunakan adalah versi 1.0 dengan kode nama Astro. Pada penghujung tahun 2009 di perkirakan sedikitnya ada 18 jenis ponsel yang menggunakan Android versi 1.1, yang merupakan Update pertama dari Android. Namun, untuk Android versi 1.1 hanya tersedia untuk T-Mobile G1.

Mulai dari rilisan Android  ke-3 hingga sekarang, setiap versi Android selalu di beri kode nama yang urut dengan abjad dan mengambil nama dari makanan penutup. 

Berikut ini nama – nama dari versi Android yang di beri nama makanan penutup : 

•    Versi 1.5 : Cupcake
•    Versi 1.6 : Donut
•    Versi 2.0 / 2.1 : Éclair
•    Versi 2.2 : Froyo
•    Versi 2.4 : Gingerbread
•    Versi 3.x : Honeycomb
•    Versi 4.x : Jelly Bean
•    Versi 4.4 : Kitkat
•    Versi 5.0 : Lollipop
•    Versi 6.0 : Marshmallow


Nah itu dia perkembangan sistem operasi mobile dari dulu sampai sekarang, kira - kira gimana ya sistem operasi mobile yang akan datang ? Kalau menurut saya mungkin sistem operasi mobile di masa yang akan datang pastinya bakal lebih canggih dan lebih memudahkan penggunanya. Misalnya dengan adanya sensor - sensor yang bisa menangkap suara, pandangan mata, ataupun gerakan tangan untuk melakukan perintah - perintahnya.
 
Karena saya rasa postingan saya kali ini sudah cukup panjang, sekian dulu postingan dari saya tentang perkembangan sistem operasi mobile hingga sekarang. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan membantu.

Share this

Tag :

6 Responses to "Perkembangan Sistem Operasi Mobile Hingga Sekarang"

  1. parah ga detail penjelasan rilis dan kelebihan versi perkembangannya

    ReplyDelete
  2. bangsat websitenya gak bisa dicopy paste buat tugas gak guna nih website tutup aja

    ReplyDelete
  3. thanks atas ilmunya, jazakillah..

    ReplyDelete