Tuesday, December 1, 2015

Program Reporting C# Menggunakan Report Viewer

Sebenarnya ini salah satu program dari tugas kuliah saya yang diharuskan untuk diposting ke blog. Yah, walaupun tanpa disuruh pun tetap bakal saya posting sih, hehehe. Langsung saja, program yang akan kita buat kali ini menggunakan dua buah form, dan sesuai dengan judul postingan kali ini, tools reporting yang akan digunakan adalah report viewer yang pada Visual Studio 2013 Comunity sudah terinstal secara bawaan.

Saya anggap kalian sudah mengkoneksikan database yang kalian buat pada form1, jadi kita langsung ke proses pembuatan reportingnya saja. Tampilan dari form 1 yang sudah saya koneksikan dengan database, kurang lebih seperti gambar di bawah : 

 

Sebelum masuk ke langkah pertama, lebih dulu tambahkan button print pada form 1. Setelah itu lanjutkan ke langkah - langkah di bawah :


#Step1 : Buat form kedua (form baru).
 

#Step2 : Cari tools report viewer dan drag ke dalam form 2, kemudian atur tampilannya seperti di bawah.

 

#Step3 : Pilih design a new report.

 

#Step4 : Pilih data source, jika belum ada klik new kemudian cari database yang ingin kalian tampilkan.

#Step4 : drag semua tabel pada database ke dalam value, kemudian tingal klik next 2x dan finish.

 

 #Step5 : kembali ke form 2, kemudian ganti choose reportnya dengan yang kalian buat sebelumnya.


#Step6 : pada button kembali tambahkan sintaks berikut :

 

#Step7 : selesai dengan form 2, kita kembali ke form 1dan berikan sintaks berikut pada event formClosed dan button print.

 

Sekarang program kita sudah selesai, selanjutnya silakan untuk coba menjalankan programmnya. Sekian postingan saya kali ini, semoga tutorial yang saya buat ini dapat membantu dan bermanfaat.

Share this

1 Response to "Program Reporting C# Menggunakan Report Viewer"

  1. kalau berdasarkan query untuk mengambil datanya gmna yah gan ???

    ReplyDelete