Saturday, May 2, 2015

Operasi Terhadap File Pada Pascal


       Data yang telah disimpan pada tipe-tipe data yang telah dipelajari ada pada bab-bab sebelumnya bersifat sementara. Artinya sewaktu program selesai dijalankan data tersebut akan hilang. Pada banyak aplikasi, data yang dimasukkan meskipun program telah selesai harus disimpan. Untuk memecahkan masalah penyimpanandata yang seperti itu digunakan file.
Sebelumnya kita telah biasa menyimpan nilai pada suatu variabel. Misalnya menyimpan suatu data pada sebuah array atau record. Penyimpanan nilai pada variabel ini hanya berlaku sementara yaitu pada saat program di eksekusi saja, dan setelah program di nonaktifkan maka nilai dari variabel tersebut akan hilang. Pada beberapa program terkadang diperlukan untuk tetap menyimpan suatu nilai meskipun program telah di nonaktifkan. Oleh karena itu akan dikenalkan teknik penyimpanan dengan menggunakan file. File pada Pascal dikenal dalam 3 jenis, yaitu File Text, File bertipe, File tidak bertipe

Ada dua metode untuk mengakses komponen file :
1.             Beruntun (Sequensial)
Teknik ini relatif lebih lambat terutama jika ukuran file tersebut besar. Hal ini disebabkan karena teknik pengaksesannya dimulai dari awal file sampai akhir file secara berurutan. metode ini relatif lebih mudah dibuat dan dipelihara. File beruntun atau file teks berisi data ASCII. Tiap recordnya memiliki panjang yang bervariasi dimana setiap recordnya akan ditandai dengan EOL (End of Line). File teks hanya dapat diakses secara sequensial. Data disimpan sebagai kumpulan karakter.
Contoh deklarasinya :
var
nama_variabel_File : text

2.             Acak (Random)
Komponen diakses secara langsung, namun pembuatannya lebih susah dari pada metode berurutan. Data disimpan sebagai bilangan biner. Yang tergolong file ini adalah file bertipe dan file tidak bertipe.
Perintah-perintah
·              Assign (nama_variabel_file, string_nama) : menetapkan nama file eksternal pada variabel nama variabel file
·               reset (nama_variabel_file) : membuka file untuk input (pembacaan file)
·               rewrite (nama_variabel_file) : membuka file untuk output (penulisan file), mulai dalam file keadaan kosong. Jadi seandainya file tersebut sudah ada maka akan dihapus dan dibuat ulang, namun jika belum ada maka dia akan buat baru.
·               append (nama_variabel_file) : menambah isi file
·               eof (nama_variabel_file) : menunjukkan akhir dari file (untuk file teks saja)
·               write (nama_variabel_file, nama_variabel) : menulis ke file
·               writeln (nama_variabel_file, nama_variabel) : menulis ke file (khusus untuk teks)
·               read (nama_variabel_file, nama_variabel) : membaca file
·               readln (nama_variabel_file, nama_variabel) : membaca file
·               seek (nama_variabel_file, N); Menempatkan pointer ke posisi record ke-N
·               filepos(nama_variabel_file); Untuk menunjukkan nomor record, dimulai dari 0;
·               filesize (nama_variabel_file); Mengetahui jumlah record yang ada pada suatu file (file=0 untuk file yang baru dibuat)
·               eof(nama_variabel_file); Untuk menunjukkan akhir dari suatu kalimat.
·               truncate (nama_variabel_file); Untuk menghapus sebagian file

Berikut screen shoot dari program yang menggunakan file :



untuk source codenya silahkan download via link dibawah :
via MC | via MF


Share this

0 Comment to "Operasi Terhadap File Pada Pascal"

Post a Comment