Tuesday, September 8, 2015

Tips Untuk yang Mau Belajar Pemrograman

Mungkin masih banyak orang yang memutuskan untuk terjun dan berkecimpung ke dunia komputer, seperti kuliah atau sekolah kejuruan yang jurusannya berhubungan dengan komputer, namun masih merasa kesulitan dalam belajar pemrograman. Padahal, pemrograman menjadi salah satu santapan yang sering dihadapi saat perkuliahan. Tapi tenang saja untuk kalian yang mau berusaha dan mencoba masih banyak jalan untuk kalian menjadi bisa.


Kalian pasti pernah dengar istilah “beda orang beda rasa”, nah hal itu juga berlaku dalam belajar pemrograman. Ada banyak faktor yang mempengaruhi kebisaan kalian dalam bidang pemrograman, misalnya latar belakang pendidikan, lingkungan, kecepatan dalam memahami sesuatu dan juga cara – cara yang ditempuh, semua itu cukup mempengaruhi.


Di dunia ini gak ada yang benar-benar instan, bahkan mie instan pun perlu direbus dulu kan ? Nah begitu juga kalau mau jadi programmer, kita ga bisa hari ini mau jadi programmer terus belajar langsung bisa jadi programmer handal, atau minum abunya buku pemrograman yang dibakar :v . Semua itu  butuh proses bahkan orang dengan talenta pun pasti perlu proses belajar, hanya berapa lama waktunya lah yang membedakannya.


Jadi untuk kalian yang mau bisa pemrograman harus siap dengan semua proses yang ada, karena sekali lagi tidak ada yang instan. Kalau keinginan kuat pasti segala sesuatunya akan lebih mudah. Satu hal lagi yang saya tekankan adalah tanamkan dalam pikiran kalian bahwa membuat program adalah sesuatu hal yang menyenangkan seperti halnya bermain game, bukan karena tuntutan tugas sekolah ataupun kuliah, dengan begitu kalian akan lebih menikmati belajar pemrograman.



Oke, berikut ini adalah beberapa cara yang bisa kalian lakukan untuk membantu kalian memulai belajar pemrograman :


1.      Pahami apasih Programming itu
 


Tentunya kalian harus tahu dulu sedikit banyaknya informasi-informasi mengenai programming, semakin banyak yang kalian tahu maka semakin bagus. Jangan sampai kamu seperti orang yang sedang nyasar, jalan terus tapi gak tau kemana. Kenapa saya bilang harus tau informasi mengenai programming dulu, karena eh karena kalau informasinya saja kalian tidak tahu menau atau hanya sedikit yang kalian tahu bagaimana kalian bisa jadi lebih tertarik dengan pemrograman. Contohnya saja kalau yang kalian tahu hanya “pemrograman itu cuman bakal nulis kode/script di compiler terus kalau scriptnya bener programnya dah jadi” pastinya kalian bakal kurang tertarik kan ? 


Kalau kalian tahu bahwa dengan pemrograman kalian bisa membuat program yang dapat dipakai banyak orang, dengan banyaknya orang yang memakai program kalian makan makin banyak juga uang yang mengalir ke kantong kalian. Atau kalian bisa direkrut untuk bekerja di perusahan besar seperti Microsoft, Facebook, Google atau bahkan kamu bisa membuat perusahaan sendiri dan masih banyak lagi yang bisa kamu dapat dengan pemograman. Semakin banyak yang kamu tahu maka kamu akan semakin jatuh cinta dengan pemrograman.




2.      Tentukan bahasa pemrograman mu



Ada banyak sekali Bahasa pemrograman di dunia ini, mulai dari Bahasa tingkat rendah yang sulit dipahami sampai Bahasa tingkat tinggi yang mudah dipahami manusia. Tidak ada salahnya jika kalian ingin mempelajari banyak Bahasa pemrograman, tapi lebih baik kalian fokuskan dulu ke salah satu Bahasa pemrograman sampai kalian merasa cukup mahir dan bisa memahaminya, karena pada dasarnya semua Bahasa pemrograman itu memiliki konsep yang sama, hanya berbeda pada script atau perintah – perintahnya saja.


Dengan mempelajari kelebihan dan kelemahan beberapa Bahasa pemrograman yang ada mungkin akan membantu kalian dalam memilih bahasa pemrograman yang akan dipelajari nantinya.



3.      Mulai Belajar 



Setelah kalian tahu apa itu pemrograman dan juga sudah menentukan bahasa pemrograman apa yang ingin kalian kuasai lebih dulu, langkah selanjutnya adalah mulai mempelajari bahasa pemrograman yang kalian pilih. Kalian bisa mulai dari mempelajari algoritma dasar dari bahasa pemrograman yang kamu pilih, baik itu melalui buku, artikel di internet, kursus, ikut seminar dan workshop. Silakan kalian pilih sendiri metode pembelajaran mana yang sesuai dengan diri kalian.




4.      Membuat program yang sederhana 



Ibarat minum kopi tanpa air, tentu kurang srek rasanya kalau belajar tanpa ada prakteknya. Kalian bisa mulai dengan membuat program – program sederhana entah itu program yang bisa kamu gunakan untuk sehari – hari seperti program penjumlahan, perkalian ataupun program untuk mencari luas. Tidak harus program seperti itu juga bisa, misalnya program untuk mencatat orang yang punya hutang sama kalian. Ingat sesuatu yang besar dimulai dari yang kecil dulu.



5.      Selalu cari informasi baru

Sekali lagi informasi itu penting, jadi jangan sampai kalian ketinggalan informasi. Karena teknologi kan tidak yang itu-itu saja, satiap saat pasti akan berkembang. Kalian bisa update informasi dengan sesering mungkin browsing di internet, ke toko-toko buku, forum – forum tertentu, atau kalian dapat minta bantuan lewat kenalan yang mungkin sudah mahir di bidang yang sedang kamu pelajari ini. 



Nah, itu dia tips - tips untuk kalian yang mau belajar bahasa pemrogaraman. Teruslah berlatih agar kalian bisa cepat menguasai bahasa pemrograman yang kalian inginkan. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk kita semua.

Share this

0 Comment to "Tips Untuk yang Mau Belajar Pemrograman"

Post a Comment