Tuesday, October 6, 2015

Mengenal Apa Itu Sistem Operasi, Runtime Environment, Emulator dan Firmware



Kalian pasti pernah atau bahkan sering mendengar yang namanya Sistem Operasi, tapi pernahkah kalian mendengar tentang Runtime Environment, Emulator dan juga Firmware? Meski memiliki beberapa fungsi seperti seperti Sistem Operasi, namun ketiganya merupakan perangkat yang berbeda karena ketiga perangkat tersebut tidak memiliki kegunaan dan fungsi yang sekompleks Sistem Operasi.

Untuk lebih jelasnya mengenai perangkat - perangkat tersebut, simak penjalasan singkat di bawah ini :

#1 Pengertian Sistem Operasi

Sistem Operasi adalah perangkat lunak sistem yang berfungsi sebagai interface atau penghubung antara hardware, software dan brainware (pengguna). Sistem Operasi memiliki tugas untuk untuk melakukan kontrol dan manajemen hardware dan operasi - operasi dasar pada sistem.

Fungsi lain dari Sistem Operasi adalah untuk melakukan tugas - tugas penting dan menjamin aplikasi dapat berjalan dengan baik dan menjamin software lainnya juga dapat menggunakan memori, melakukan input maupun output ke perantara lain dan juga memiliki akses ke sistem file.


#2 Pengertian Runtime Environment

Runtime Environment adalah keadaan saat suatu program aplikasi dijalankan. Saat dalam keadaan ini, program mengirimkan intruksi kepada prosesor dan mengakses memori komputer serta sumber daya sistem lainnya.


#3 Pengertian Emulator

Emulator merupakan aplikasi yang memungkinkan kita untuk dapat menjalankan suatu aplikasi atau program yang sebenarnya hanya bisa di jalankan pada platform tertentu. Misalnya, program Microsoft Office yang hanya bisa dijalankan pada platform Microsoft Windows dapat dijalan kan pada platform Linux menggunakan emulator Wine. Contoh lain, kita tidak bisa memainkan game yang khusus dibuat untuk dapat dijalankan di PS2, namun kita bisa menjalankannya di komputer dengan menggunakan emulator PS2.

Untuk game, setiap platform memerlukan satu emulator khusus, jadi satu emulator hanya bisa digunakan untuk satu platform. Misalnya, emulator psp hanya bisa digunakan untuk menjalankan game psp dan tidak bisa menjalankan game dari PS2, begitu pula dengan emulator lainnya.


#4 Pengertian Firmware
 
Firmware merupakan program yang tertanam pada perangkat - perangkat elektronik yang bersifat statis atau tetap. Secara garis besar firmware hampir sama dengan sistem operasi, namun berbeda dengan sistem operasi, firmware tidak mampu untuk berevolusi secara otomatis memperbaharui sendiri ketika terdapat permasalahan pada fungsionalitasnya. Firmware ada yang bisa diubah dan tidak tergantung dari jenis ROM yang digunakan.



Nah, dari empat pengertian di atas dapat kita ketahui bahwa antara Sistem Operasi, Runtime Environment, Emulator dan juga Firmware adalah berbeda. Keempat perangkat tersebut memiliki fungsi dan tujuannya masing - masing. Sekian dulu postingan dari saya tentang mengenal apa itu sistem operasi, runtime environment, emulator dan firmware. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan membantu sekaligus menambah pengetahuan kita.

Share this

Tag :

1 Response to "Mengenal Apa Itu Sistem Operasi, Runtime Environment, Emulator dan Firmware"