Saturday, September 26, 2015

Laptop Kamu Kena Malware ? Begini Cara Mudah Mengatasinya

Pernahkah saat kalian browsing ke suatu situs tapi kalian justru dialihkan ke situs yang lain, atau sering muncul iklan pop up? Kemarin-kemarin masih baik-baik saja tapi sekarang malah muncul banyak iklan di browser kamu? Perlu kamu tau kalau itu semua adalah ulah dari malware add-ons.


Kali ini saya akan memberikan tips atau tata cara mengatasi malware yang terinstall di laptop kamu, namun di sini saya cuma akan memberikan cara mengatasi malware yang terinstall pada mozilla firefox saja. Sebenernya cukup mendisable dan meremove add-ons yang terinstall tadi lewat pengaturan firefox. Tapi ini cuma berlaku sementara, sewaktu-waktu add-ons malware tadi bisa terinstall lagi dengan sendirinya.


Terus gimana dong cara mengatasinya ? Cara mengatasinya cukup sederhana, kamu tidak perlu sampai menginstall ulang laptop kamu cuma gara-gara virus malware ini. Biar gak menunggu lama, langsung saja ikuti langkah - langkah di bawah ini :


1) Pertama masuk ke Control Panel.

2)  Pilih Uninstall a Program.
 


3) Setelah masuk ke list program yang terinstall di laptop kamu, sekarang cari program yang menurut kamu mencurigakan, misalnya kamu merasa tidak pernah menginstall program tersebut, tapi tiba-tiba ada dengan sendirinya di laptop kamu. Sebagai acuan, biasanya virus-virus malware yang bersarang di firefox biasanya memiliki kata saver di akhiran namanya. Contohnya addsaver, robotsaver, dll.


4) Setelah kamu temukan program tadi yang menurut kamu mencurigakan, double klik pada program tersebut untuk meng-uninstallnya. Sekarang program tersebut tidak akan lagi terinstall dengan sendirinya di laptop/komputer kalian.


5) Tips tambahan dari saya untuk menghindari hal yang sama terjadi lagi, kalian perlu berhati - hati saat akan mendownload dan menginstall suatu program terutama saat kalian sedang terhubung ke internet.



Mudah bukan, tapi jangan lupa untuk selalu berhati-hati dalam setiap menginstal aplikasi baru di laptop kamu ya. Demikianlah tips dari saya, tentang cara mengatasi malware yang bersarang di laptop kamu. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan membantu.

Share this

0 Comment to "Laptop Kamu Kena Malware ? Begini Cara Mudah Mengatasinya"

Post a Comment